LEMBARAN NEWS BCF Resmi Luncurkan Program Pemuda untuk Cegah TBC dan Dukung SDGs, Lantik 300 TB Rangers

Jakarta, disinfecting2u.com – Bakrie Center Foundation (BCF) meluncurkan Campus Leaders Program gelombang ke-9 pada Selasa, 1 Oktober 2024. Acara berlangsung di Aula Siwabessy Kementerian Kesehatan Jakarta.

Program ini merupakan kesempatan bagi generasi muda untuk mendapatkan pengalaman praktis dan berkontribusi pada isu-isu penting seperti kesehatan, lingkungan dan pendidikan.

Pada kesempatan tersebut, Pl Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr. Yudhi Pramono, MARS yang membuka program magang ini. Beberapa tokoh penting juga hadir seperti Ketua Satgas TBC Kemenkes, dr. Tiffany Tiara Pakasi, MA, CEO Yayasan Bakrie Center Jimmy Gani, serta mitra kolaborasi Sinar Mas Land dan Otsuka Group.

Program ini mencakup 300 TB Rangers dan pahlawan SDG, peserta dari berbagai latar belakang.

Sejak diluncurkan pada tahun 2020, Campus Leaders Program berfokus pada peningkatan keterampilan teknis dan empati sosial generasi muda.

Didukung kolaborasi lintas sektor yang mencakup pemerintah, akademisi, dunia usaha, dan masyarakat, program ini bertujuan membantu Indonesia mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Pada tahun 2024, lebih dari 1.400 pelajar dari seluruh Indonesia telah berpartisipasi dan memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat.

Jimmy Gani dalam sambutannya menjelaskan bahwa program ini merupakan kelanjutan dari LEAD Indonesia yang fokus pada pengembangan lembaga sosial di setiap provinsi.

“Mahasiswa Program Pemimpin Kampus ditempatkan di setiap provinsi untuk magang dan pelatihan, berkontribusi terhadap tujuan SDG di wilayah tersebut,” kata Jimmy.

 

Lebih lanjut, Dr. Yudha Pramono, MARS, mengingatkan pentingnya kolaborasi lintas sektoral untuk menurunkan kasus tuberkulosis (TBC) yang mencapai 1.060.000 kasus.

“Kita perlu bersinergi dengan seluruh kelompok masyarakat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Program magang ini tidak hanya berfokus pada bidang kesehatan saja, namun juga pada isu pendidikan dan lingkungan hidup.

Inisiatif ini memberikan peluang bagi masyarakat, khususnya generasi muda, untuk berperan dalam mencapai SDGs.

Adhityo Galih Priyambodo, Vice President CSR dan Sinarmas Land Green Initiative menyampaikan apresiasinya terhadap program ini.

“SDGs bukan sekedar agenda global, namun merupakan tanggung jawab bersama yang harus dijunjung tinggi. Kami berkomitmen mendukung keberlanjutan melalui berbagai program lingkungan hidup, seperti inisiatif bangunan hijau, pengelolaan air dan energi terbarukan, serta pengurangan emisi karbon.” kata Adhityo.

 

Pada kesempatan ini, BCF juga berkolaborasi dengan Otsuka Group dalam upaya pencegahan dan pengendalian TBC di tempat kerja, dengan menekankan komitmen bersama dalam menciptakan lingkungan kerja yang sehat.

Campus Leaders Program merupakan wadah generasi muda untuk terlibat dalam inisiatif yang berdampak langsung pada masyarakat dan lingkungan.

Program ini juga menjadi contoh nyata bagaimana kerja sama lintas sektor dapat mendukung pencapaian SDGs di Indonesia.

Melalui kegiatan ini diharapkan semakin banyak generasi muda yang terlibat aktif dalam menyelesaikan permasalahan sosial yang ada. (RPI)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top