LEMBARAN Ikut Partisipasi TEI 2024, BP2MI Tawarkan Produk Hasil Mantan Pekerja Migran

Jakarta, disinfecting2u.com – Organisasi Perlindungan Tenaga Kerja Multinasional Indonesia (BP2MI) berpartisipasi dalam Trade Fair Indonesia (TEI) ke-39 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang.

Kegiatan yang mengusung tema “Membangun Hubungan Kuat dengan Negara-Negara Terbaik Indonesia” ini resmi dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Organisasi Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) juga turut serta dalam acara ini.

Sekretaris Jenderal BP2MI Rinardi mengatakan, pihaknya rutin mengikuti acara TEI setiap tahunnya.

Tahun ini menunjukkan bagaimana BP2MI memberikan layanan penempatan dan perlindungan bagi pekerja migran Indonesia, salah satunya adalah pensiunan pekerja migran Indonesia. 

Pensiunan TKI ini, lanjut Rinardi, setelah kembali bekerja di luar negeri, menjadi wirausaha dan banyak menghasilkan hasil usaha. 

“Kami mendatangkan produk dari usaha mereka dan mencoba menawarkannya di pasar internasional, karena pameran ini pembelinya dari seluruh dunia,” kata Renaldi kepada awak media, Jakarta, Kamis (10/10/2024).

Pak Rinardi menambahkan, pada hakikatnya pemerintah Indonesia ingin menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya. 

Ia menambahkan: “Tentunya kita harus memastikan bahwa kita bisa mengakomodasi pekerja migran Indonesia. Selamat datang di negara yang melindungi hak-hak buruh, memiliki asuransi sosial, dan tentunya mengikuti aturan yang ada di negara tersebut.

Sementara itu, Deputi BP2MI Bidang Penempatan dan Perlindungan Wilayah Amerika dan Pasifik, A. Gatot Hermawan menjelaskan, kegiatan TEI 2024 sangat strategis karena menjadi wadah informasi peluang kerja bagi para pemberi kerja dan pemasok potensial yang ada. .

Pak Gatot menyampaikan bahwa “sampai siang ini, terdapat 180 pekerja migran Indonesia yang akan mencari informasi peluang kerja di luar negeri dan banyak calon pemberi kerja yang datang ke booth kami.

“Di booth ini juga ada yang berkaitan dengan penyiapan peralatan. Kami membawa contoh bagaimana mempersiapkan keterampilan tenaga kesehatan dan bartender agar bisa bekerja di luar,” lanjutnya.

Gelaran TEI 2024 akan berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 9 hingga 11 Oktober 2024. (raa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top