LEMBARAN Berusia 101 Tahun, Maskapai Tertua dan Terbesar di Dunia Akhirnya Gulung Tikar

JAKARTA, disinfecting2u.com – Czech Airlines, salah satu maskapai penerbangan tertua di dunia, telah menutup seluruh layanannya, termasuk menghentikan operasinya pada Oktober 2024. Padahal maskapai berusia 101 tahun ini pernah menjadi salah satu maskapai penerbangan terbesar di Eropa Timur yang melayani lebih dari 50 destinasi.

Czech Airlines akan menerbangkan penerbangan terakhirnya ke Paris pada 28 Oktober. News.com.au melaporkan pada Kamis (10 Maret 2024) bahwa alasan penutupan operasi maskapai ini adalah penurunan jumlah penumpang dari tahun ke tahun, hilangnya persaingan dengan perusahaan berbiaya rendah, dan virus corona. -19 pandemi.

Menurut laporan, Czech Airlines sejauh ini baru mengoperasikan dua rute, dari Bandara Vaclav Havel di Praha ke Paris dan Madrid. Maskapai ini mengoperasikan dua Airbus A320-200.

Rencananya, salah satu maskapai penerbangan tertua di dunia ini akan menerbangkan penerbangan terakhirnya ke Paris pada 28 Oktober, yang menandai resmi berakhirnya operasinya. Setelahnya, operasional penerbangan akan diambil alih oleh maskapai penerbangan Ceko lainnya, Smartwings.

“Maskapai ini telah mengonfirmasi bahwa operasinya akan ditutup pada 28 Oktober dan akan diambil alih oleh maskapai penerbangan Ceko lainnya, Smartwings,” kata laporan itu.

FYI, Czech Airlines merupakan maskapai tertua kelima di dunia, setelah KLM (1919), Avianca (1919), Qantas (1920), dan Aeroflot (1920) 1923). Penerbangan pertama maskapai ini dilakukan pada tanggal 29 Oktober 1923, ketika Czechoslovak National Airlines menjadi nama resminya.

Pada awal operasinya, maskapai ini berperan dalam menghubungkan Praha dan Bratislava, serta rute internasional lainnya ke Paris, Berlin dan Moskow.​

Selama Perang Dunia II, pesawat ini dihentikan dari layanannya, tetapi segera dikembalikan ke layanannya setelah perang.

Setelah perang, maskapai ini terus memperluas jaringan rutenya dengan meluncurkan penerbangan ke Eropa, Timur Tengah, dan Asia. Pada tahun 1980-an, maskapai ini telah menjadi salah satu maskapai penerbangan terbesar di Eropa Timur, yang terbang ke lebih dari 50 tujuan.

Sedangkan Smartwings Airlines yang mengambil alih seluruh operasional Czech Airlines merupakan maskapai penerbangan terbesar di Republik Ceko dan saat ini memiliki penerbangan terjadwal ke lebih dari 80 tujuan. Meski berbasis di Praha, maskapai ini juga beroperasi di Slovakia, Polandia, dan Hongaria. (NBA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top