NEWS LEMBARAN Magister Ilmu Komunikasi Telkom University Bandung Gelar Kuliah Tamu Buka Potensi Penulisan Jurnal Bereputasi

Jakarta, disinfecting2u.com – Peran kampus dalam melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi menghasilkan karya ilmiah yang cukup baik dan dipublikasikan. 

Penelitian guru dan tugas akhir mahasiswa (skripsi) pada program magister ilmu komunikasi Telkom University sangat banyak dan bervariasi materi pelajarannya. 

Namun tidak semua artikel hasil penelitian ini dipublikasikan di jurnal nasional maupun internasional. 

Untuk mendorong publikasi artikel surat kabar hasil penelitian tesis mahasiswa magister, Program Magister Ilmu Komunikasi Telkom University mengadakan kegiatan pelatihan penulisan artikel majalah reputasi, Sabtu (11/10/2024).

Kegiatan yang diikuti oleh 23 mahasiswa semester 1 dan semester 3 ini menghadirkan pembicara Dr. M Nastain merupakan Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Mercubuana Yogyakarta dan memiliki keahlian menulis artikel untuk jurnal bereputasi internasional. 

M Nastain merupakan PhD Ilmu Politik Islam UMY yang telah menerbitkan artikel jurnal di jurnal internasional bereputasi yang terindeks Scopus selama dua tahun terakhir. 

Dalam kegiatan tersebut Nastain memberikan tips dan trik kepada mahasiswa yang akan menulis artikel ilmiah untuk jurnal, mulai dari memilih jurnal yang sesuai dengan tujuan penelitian, meneliti jurnal literatur, hingga cara menata isi artikel ilmiah sesuai standar. surat kabar nasional dan internasional yang mempunyai reputasi baik. 

Ketua program studi Magister Ilmu Komunikasi, Dr. Martha Tri Lestari, mengatakan kegiatan edukasi yang menghadirkan narasumber ini merupakan upaya pihaknya untuk mendorong mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi agar lebih produktif dan kreatif dalam melakukan penelitian dan publikasi.

“Dengan adanya pelatihan ini diharapkan akan muncul artikel-artikel ilmiah yang berkualitas dan layak untuk dipublikasikan kepada masyarakat,” ujarnya dalam keterangan yang diterima, Minggu (12/10/2024).

“Sampai saat ini sebagian besar mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi masih mempublikasikan artikel hasil penelitian tesisnya di jurnal terakreditasi nasional Sinta 4 dan Sinta 3, dan belum cukup banyak mahasiswa yang berhasil mempublikasikan artikel jurnal di jurnal nasional Sinta 2 atau internasional bereputasi. jurnal yang terindeks Scopus atau WOS,” imbuhnya.

Dengan kegiatan seperti ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas artikel ilmiah yang dimuat di jurnal bereputasi nasional dan internasional.

Magister Ilmu Komunikasi Telkom University memiliki dua kajian untuk mahasiswanya, yaitu kajian Manajemen Komunikasi Digital dan kajian Media Digital. Permasalahan terkait transformasi digital dan pemanfaatan media sosial di segala bidang banyak mendapat perhatian dari mahasiswa magister ilmu komunikasi, sehingga banyak sekali artikel ilmiah yang bertemakan dunia digital. 

Menindaklanjuti kegiatan ini, program magister Ilmu Komunikasi Telkom University akan rutin mengadakan kegiatan serupa dengan topik penelitian sesuai kajian mahasiswa dan dosen sehingga mahasiswa memperoleh ilmu terkait penelitian dan penulisan artikel surat kabar (lgn).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top