PEPARNAS XVII 2024 dapat Pujian Setinggi Langit, Disebut Jadi Standar Baru Multievent Disabilitas Asia Tenggara

JAKARTA, disinfecting2u.com – Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS

Seperti diketahui, saat ini sedang berlangsung pesta olahraga empat tahunan bernama PERPANAS 2024 yang digelar di Solo Tengah pada tanggal 6 hingga 13 Oktober 2024.

Meski baru berumur beberapa hari, ajang bergengsi tersebut sudah mendapat pujian dari Wandi Tosuwan, Sekretaris Jenderal (Secgen) ASEAN Para Sports Federation (APSF).

Wandi Tosuwan terkesan dengan terselenggaranya PEPARNAS 2024. Ia meyakini acara yang diadakan empat tahun sekali di Indonesia ini merupakan standar baru acara multi-disabilitas di Asia Tenggara.

Wandi Tosuwan kagum dengan banyaknya perkembangan positif yang dihasilkan dari acara ini. Pasalnya, ia mengakui banyak kemajuan yang dicapai sejak kunjungan terakhirnya ke Kota Solo dalam rangka ASEAN Para Games ke-11 tahun 2022.

“Saya sangat terkesan dengan persiapan seluruh panitia penyelenggara PEPARNAS XVII,” kata Vandi Tosuvan di media center PEPARNAS XVII, Selasa (9 Agustus 2024). 

Ia menambahkan: “Baru dua tahun sejak ASEAN Para Games 2022, namun kami melihat perubahan yang sangat signifikan dan positif.”

Ia berharap ajang PEPARNAS XVII dapat menjadi contoh bagi negara-negara Asia Tenggara lainnya yang ingin menyelenggarakan ajang olahraga multifaset bagi penyandang disabilitas. 

Selain itu, kerja sama antar negara di kawasan selama ini memberikan kontribusi yang baik terhadap pengembangan olahraga Paralimpiade.

“Jadi saya berharap ini menjadi standar baru di tingkat internasional untuk persiapan Paralimpiade,” ujarnya. 

“Dunia akan melihat bagaimana kerja sama baik yang terjalin antara negara-negara ASEAN dan Indonesia dapat menjadi sentral dalam olahraga Paralimpiade,” ujarnya lagi tentang ekstravaganza upacara pembukaan PEPARNAS XVII.

Keterkejutan wanita asal Bangkok, Thailand itu bermula saat dirinya menghadiri langsung upacara pembukaan PEPARNAS XVII yang digelar di Stadion Manahan Solo, Minggu (10 Juni 2024).

Do Soo Wan mengaku kembali tampil fantastis. Pembukaan acara menjadi salah satu pengalaman seru ketika berkunjung ke Kota Solo.

“Pembukaan kemarin bukan bersifat regional atau nasional, tapi menurut saya internasional. “Tidak hanya lighting dan sound systemnya saja, namun semua yang dihadirkan pada acara tersebut sungguh luar biasa,” kata Tosuvan.

“Ini sangat berbeda dari ekspektasi saya. “Jadi saya ucapkan terima kasih kepada Pak Senni Marbun (Ketua NPC Indonesia) yang sudah mengajak saya menonton langsung,” lanjutnya.

Perwira senior Thailand berpangkat kolonel mengatakan, persiapan penyelenggara acara yang semarak ini memberikan pesan kepada dunia internasional bahwa PEPARNAS XVII sangat menghargai penyandang disabilitas.

“Saya yakin Presiden APSF Osot Bhavilai akan menghadiri acara penutupan PEPARNAS XVII. Jadi dari apa yang saya lihat, ajang PEPARNAS sudah memenuhi standar internasional,” kata Tosuvan.

Tosuwan juga memuji berbagai fasilitas yang tersedia di Media Center PEPARNAS XVII Solo 2024 yang berlokasi di The Royal Surakarta Heritage, Solo. 

Menurut dia, kelengkapan benda-benda tersebut bisa semakin mengoptimalkan kerja para pekerja media yang bertanggung jawab atas pemberitaan.

“Saya ke Indonesia untuk menghadiri ASEAN Para Games ke-11 tahun 2022, jadi saya tidak menyangka akan ada media center semewah itu. Berbeda dengan media center yang biasa dikunjungi jurnalis, ujarnya.

Saat berkunjung ke media center PEPARNAS XVII, Tosuvan diajak berkeliling. 

Ia melihat langsung berbagai peralatan yang digunakan untuk menunjang pekerjaan jurnalis, antara lain komputer, jaringan internet, kursi pijat, bahkan makanan.

Menurut Suwan Do, berbagai peluang tersebut membuat pekerjaan jurnalis semakin nyaman. 

Ia juga mendukung awak media untuk memastikan dampak pemberitaan PEPARNAS XVII lebih luas dan menjangkau seluruh masyarakat.

Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih kepada pihak penyelenggara yang telah menyediakan media center ini, karena informasi tentang Peparnas akan menjadi lebih baik berkat upaya dari kelompok media, tutupnya.

(lebih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top