Semakin Panas Tuntutan STY Out, Padahal Saat Melatih Timnas Dinilai Pahami Bahasa dan Budaya Islam

Jakarta, disinfecting2u.com– Permainan Timnas Indonesia yang kalah dari China pada laga keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 menjadi sorotan perhatian dunia khususnya media sosial (Medsos). Hal itu pula yang menyeret nama pelatih Shin Taeyeon ke dalam tren STY Out.

Tagar STY Out muncul usai Timnas Indonesia kalah dalam laga saat dijamu China 2-1 di Qingdao Youth Football Stadium, China pada Selasa kemarin (15/10/2024), kick off pukul 19:00 WIB. . .

Seperti diketahui, kemenangan China diraih di babak pertama lewat aksi Baihelam Abuduwaili (21′) dan Zhang Yuning (44′).

Sebaliknya, timnas Indonesia hanya mencetak satu gol lewat tembakan Tom Haye dari dalam kotak penalti pada menit ke-86 usai memanfaatkan kemelut yang tercipta dari lemparan Pratam Arhan.

 

Dok.kolase disinfecting2u.com/Timnas Indonesia 

 

STY Out diketahui sedang tren karena menurunkan pemain Indonesia yang tidak memenuhi syarat dan dianggap kontroversial. 

Calvin Verdonk dipilih STY untuk mengisi posisi tiga bek, meski pemain NEC Nijmegen itu berposisi sebagai bek kiri.

Di sisi lain, Shin Tae-yong sudah memesan Rizky Ridho yang memang bisa ditempatkan sebagai bek tengah untuk bergabung dengan Jay Idzes dan Mies Hilgers.

Mereka kemudian lebih memilih Asnawi Mangkual daripada bek kanan, sementara Sandy Walsh yang menjadi starter di laga sebelumnya digantikan.

Sedangkan pemain andalan lainnya seperti Tom Hayes dan Malik Risaldi tidak dimasukkan sebagai starter.

Oleh karena itu, banyak keputusan Shin Tae-yong yang dipertanyakan yang mengecewakan netizen Indonesia hingga memunculkan tagar #STYOut di media sosial, dan patut diapresiasi.  

Baoak dari Skuad Garuda, Shin Tae-yong, pernah mengungkapkannya kepada media Korea Selatan Sportalkorea. STY sangat ingin mengetahui lebih jauh tentang budaya dan agama Islam di Indonesia.

Anehnya, ia harus belajar memahami bahasa tersebut secara perlahan, dan juga tak ingin mengganggu jadwal ibadah para pemain timnas Indonesia. 

“Saat pertama kali datang, saya mencoba memahami budaya Islam,” kata Shin Taeyeon.

Pelatih asal Korea Selatan itu juga menjelaskan, mengenal Islam secara detail seperti menjadi dokter dan belajar sejarah. Menurut STY, penunjukan tersebut hanya bersifat jangka pendek.

“Bahkan ada dokter muslim di Jakarta. Saya ajak dia mendengarkan budaya Islam sekitar tiga jam,” jelasnya.

“Saya berjanji kepada pelatih dan atlet lokal untuk menghormati waktu salat mereka,” kata STY. 

Menyusul kontroversi Shin Tae-yong, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) merilis tiga kandidat Pelatih Terbaik Tahun 2023.

Hal ini pun membuat netizen heboh, ternyata nama Shin Tae-yong tak masuk dalam daftar.

Berdasarkan akun Instagram AFC @theafchub, nama tiga pelatih terbaik pilihan AFC adalah Graham Arnold, Go Oiwa, dan Hwang Sun-hong.

Mereka calon pelatih terbaik menurut AFC, tentunya berdasarkan catatan bagusnya (klw).    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top