NEWS Launching Bus Trans Jatim Koridor V, Pj. Gubernur Adhy Sebut Wujud Urgensi Pemerataan Transportasi Umum di Jatim

Bangkalan, disinfecting2u.com – Plt Gubernur Jawa Timur Adhi Karyono pada Senin (30/30/2018) meluncurkan 15 bus Trans Jatim Koridor V rute Terminal Bangkalan – Terminal Purabaya di Lapangan Pendopo, Kabupaten Bangkalan. 9 ) )

Adhi mengatakan peluncuran tersebut merupakan respon terhadap tingkat urgensi pemerataan pelayanan angkutan umum di Jawa Timur. Pasalnya, kehadiran bus Trans Jatim pada rute Terminal Purabaya – Terminal Bangkalan mulai dari Koridor I, II, III, IV dan terkini Koridor V menjadi solusi atas kebutuhan untuk membantu mobilitas dan menumbuhkan perekonomian masyarakat.

“Pada akhirnya, Koridor V dapat dilaksanakan secara cepat untuk menjawab kebutuhan memfasilitasi mobilitas masyarakat Madura yang sering bepergian ke Surabaya – Bangkalan untuk bekerja, sehingga menghasilkan potensi ekonomi baru bagi masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, perpanjangan Bus Lintas Koridor Jatim atau yang dikenal dengan Cakrangrat ini merupakan wujud nyata Pemprov Jatim dalam melaksanakan Bhakti Satya Baru Keempat yakni Jatim Akses. Bus pintar yang telah beroperasi selama dua tahun ini terbukti digunakan oleh 4,3 juta masyarakat di Jatim karena membantu mobilitas masyarakat.

Kehadiran Trans Jati Koridor I hingga V sangat penting untuk mengurangi kemacetan lalu lintas, menurunkan angka kecelakaan, mengurangi emisi gas buang atau pemanasan global, dan mengurangi volume kendaraan yang digunakan, jelasnya.

Adhi mengatakan, kehadiran bus Trans Jatim Koridor V juga baik dari segi ekonomi. Karena harga tiketnya sangat terjangkau. Rp5.000 untuk penumpang umum, sedangkan Rp2.500 untuk pelajar, mahasiswa, dan pelajar.

“Khusus peluncuran dan sosialisasi Trans Jati Koridor V, kami menerapkan tiket gratis mulai 30 September hingga 7 Oktober 2024,” ujarnya.

Melengkapi itu semua, Pemprov Jatim memberikan dukungan inovasi dalam operasional Transjatim, dimana masyarakat dapat mengunduh aplikasi TRANSJATIM-AJAIB (Aplikasi Informasi Bus Jawa Timur) melalui Playstore dan Appstore.

Aplikasi ini menyediakan berbagai layanan mulai dari petunjuk arah lanjutan, informasi pencarian lokasi, pembelian tiket, ketersediaan armada bus, informasi rute dan informasi halte bus. 

Inovasi tersebut merupakan hasil kerja sama dan sinergi bersama yang harus terus ditingkatkan untuk mendukung transportasi di Jatim semakin maju, ujarnya.

Selain itu, bus Trans Jatim Koridor V juga memiliki berbagai fasilitas seperti CCTV untuk menjaga keamanan, kamera kecerdasan buatan untuk melacak pengemudi, serta teks dan suara untuk memberikan informasi kepada penumpang.

Adhi menambahkan, selain Terminal Purabaya – Terminal Bangkalan jalur Trans Jatim Koridor V, Pemkab Bangkalan juga menyiapkan angkutan pengumpan atau penghubung di Kabupaten Bangkalan. Merupakan bentuk kerjasama pelayanan angkutan umum yang melayani rute Kota Bangkalan – Tanjung Bhumi – Kota Bangkalan – Blaga – Kamal – IKM Suramadu – Modung.

“Kami berharap kerja sama ini dapat menginspirasi kabupaten/kota lain untuk turut serta mengembangkan transportasi umum yang mudah, murah, aman, dan nyaman bagi masyarakat,” jelasnya.

Kedepannya, Adhi berharap kehadiran Trans Jatim Koridor I-V menjadi bagian dari sistem angkutan massal di metropolitan Surabaya yang berbasis teknologi kekinian. Sebab ke depannya akan ada angkutan massal lain yang melengkapi Gerbangkertasusila Plus.

Dia menjelaskan, jika Master Plan Metropolitan Surabaya selesai maka akan ada MRT, LRT, dan KRL.

Sementara itu, Bupati Bangkalan Arief MAD menyambut baik peluncuran Bus Trans Jatim Koridor V. Menurutnya, kehadiran Trans Jatim merupakan salah satu upaya Pemprov Jatim dalam memberikan pilihan angkutan umum hemat dan pelayanan maksimal.

Hal ini, kata dia, akan mampu menciptakan budaya masyarakat untuk membiasakan beraktivitas menggunakan angkutan umum dan menjadikan keseriusan dampak pembangunan kepada generasi penerus secara tepat waktu dan nyaman melalui berbagai jalur.

“Masyarakat Bangkalan menyambut baik dan mendukung Program Provinsi Jawa Timur yang sejalan dengan misi Kabupaten Bangkalan yaitu mewujudkan infrastruktur yang handal dan berkeadilan,” tutupnya.

Pada peluncuran ini juga diserahkan Buku Tabungan Bank Jatim kepada Pramugara Trans Jatim guna mendukung kemudahan akses layanan perbankan kepada para pejabat Trans Jatim. (ayam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top