LEMBARAN NEWS 5 Cara Ade Rai Tetap Sehat saat Makan Nasi Padang, Gak Usah Khawatir Kolesterol!

Jakarta, disinfecting2u.com – Binaragawan ternama Indonesia Ade Rai berbagi lima cara tetap sehat saat makan nasi padang, terutama bagi mereka yang berusia di atas 40 tahun.

Masakan Padang banyak diminati karena menyajikan menu favorit banyak orang seperti kari ayam, tunggang, rendang, dan balado cumi asin.

Namun masakan Padang yang kaya akan minyak dan lemak seringkali menjadi tantangan bagi mereka yang ingin menjaga berat badan atau kesehatan secara keseluruhan.

Ade Rai pun menjelaskan kelima cara tersebut tanpa mengorbankan cita rasa masakan Minang yang bersahaja.

Berikut lima tips Ade Rai cara menikmati nasi Padang yang lebih sehat yang diambil dari channel YouTube miliknya, yakni Ade Rai’s World.

1. Batasi porsi nasi

 

Sebagai sumber karbohidrat, nasi merupakan bagian utama masakan Padang. Namun Ade Rai menyarankan agar porsi nasinya disesuaikan.

Ambil saja nasi sebanyak kepalan tanganmu. Ukuran tersebut dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan energi tanpa menambah kalori berlebihan.

Di usia 40-an dan 60-an, pengendalian porsi menjadi penting untuk menjaga berat badan ideal dan kadar gula darah.

2. Pilih sumber protein yang tepat

 

Makanan di restoran Padang menawarkan beragam protein, namun tidak semuanya menyehatkan. Ade Rai merekomendasikan pop dada ayam karena rendah lemak.

Namun, ada beberapa trik sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi minyak berlebih yang biasa terdapat pada ayam. Cuci ayam dengan teh panas biasa.

Cukup rendam ayam dalam teh panas beberapa saat untuk menghilangkan sisa minyak. Hal ini tidak hanya membuat ayam lebih sehat, tetapi juga mengurangi beban latihan karena kalori ekstra dari minyak berkurang.

3. Pilih sayuran tanpa santan

 

Sayuran juga menjadi bagian penting dalam masakan padang. Namun di restoran-restoran di Padang, sayuran seperti daun singkong sering dimasak dengan santan tinggi lemak.

Untuk mengatasi hal tersebut, Ade Rai menyarankan untuk memilih sayuran yang disajikan tanpa santan.

Sayur tanpa santan lebih rendah lemak namun tetap tinggi serat sehingga baik untuk pencernaan, terutama bagi mereka yang berusia di atas 40 tahun.

4. Gunakan sambal hijau tanpa minyak

 

Saus sambal hijau menjadi pendamping favorit nasi padang. Namun sambal ini biasanya mengandung banyak minyak.

Untuk pilihan yang lebih sehat, Ade Rai menyarankan untuk mengonsumsi cabai tanpa minyak. Jadi Anda tetap bisa menikmati rasa pedas dari sambal tanpa khawatir akan menambah asupan lemak dari minyaknya.

5. Pentingnya pola makan sehat dan olah raga

 

Tips Ade Rai membuat Anda bisa terus menikmati nasi padang favorit tanpa mengorbankan kesehatan.

Namun, sangat disarankan untuk tetap aktif saat berolahraga untuk membantu tubuh membakar kalori serta menjaga kesehatan jantung dan metabolisme.

Kombinasi pola makan sehat dan olahraga teratur sangat penting untuk tetap sehat di usia 40-an dan 60-an.

Jika Anda mengikuti tips berikut ini, Anda bisa menikmati nasi padang yang nikmat tanpa khawatir akan dampak negatifnya bagi kesehatan Anda.

Jadi tetaplah cerdas dalam memilih makanan dan terus aktif menjaga kesehatan agar kualitas hidup Anda tetap optimal meski di usia tua. (ganda/kipas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top