NEWS Maarten Paes Ungkap Kenangan Terakhir Bersama Sosok yang Membuatnya Cinta Timnas Indonesia: Dia Tersenyum Terakhir kali, Tak Bisa Lihat Debut Saya…

disinfecting2u.com – Penjaga gawang timnas Indonesia Maarten Paes menyebut neneknya berperan penting dalam mengenalkannya pada budaya Indonesia sejak kecil. 

Lahir pada tanggal 20 Maret 1940 di Kediri Pare, Jawa Timur, neneknya banyak mengajarinya tentang budaya dan nilai-nilai Indonesia. 

Ini menjadi landasan Maarten sebelum resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada akhir April 2024.

“Hubungan saya dengan Indonesia dimulai dari nenek saya. Dia dan nenek saya adalah kakek dan nenek saya,” kata Maarten kepada FIFA. 

Ia berkata, “Nenek saya selalu mengajari saya budaya Indonesia. Saya sudah tahu selama bertahun-tahun bahwa saya pantas bermain untuk tim nasional Indonesia.”

Meski berkewarganegaraan Indonesia, Maarten mengaku neneknya belum pernah melihatnya berseragam merah putih. 

Neneknya meninggal awal tahun ini karena kesehatannya yang memburuk saat ia mulai menerima telepon dari PSSI pada akhir tahun lalu. 

Kabar Marten akan bermain untuk timnas Indonesia terakhir kali membuat nenek tersenyum.

“Itu adalah salah satu kenangan terakhir kami bersama. Kabar bahwa saya akan bermain untuk Indonesia membuatnya tertawa terakhir,” kata kiper kelahiran Nijmegen itu.

Meski neneknya kecewa karena tidak bisa menyaksikan debutnya, Martin tetap melanjutkan karir sepak bolanya dengan penuh semangat. 

 

Ia kini sudah dua kali melakoni laga bersama Garuda di kualifikasi Piala Dunia. 

Pada laga pertamanya, Maarten menunjukkan permainan apik dan menyelamatkan tendangan penalti ke gawang Arab Saudi yang menjadi salah satu momen penting dirinya bagi timnas Indonesia.

Martin pun menceritakan pengalamannya menyesuaikan diri dengan jadwal padat, termasuk bermain bersama klub Amerika FC Dallas dan mewakili timnas Indonesia. 

Menurutnya, tantangan terbesar adalah perbedaan waktu dan jarak tempuh yang jauh. “Tantangan terbesar bagi saya adalah membuat waktu berlalu dengan cepat dan membiasakan diri dengan perbedaan waktu. 

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu bermain sekali dalam dua hari. Ini adalah tantangan besar. “Tapi untungnya, saya sudah siap untuk itu.”

Selain menyelamatkan penalti saat melawan Arab Saudi, Maarten juga menunjukkan level bagus di laga lain, termasuk laga kualifikasi Piala Dunia Indonesia melawan Bahrain. 

Pada laga tersebut, ia beberapa kali melakukan penyelamatan penting untuk membantu Indonesia meraih hasil positif. Performa bagus Maarten semakin mengukuhkan posisinya sebagai salah satu pemain terpenting di timnas Indonesia.

Martin tidak hanya menunjukkan kemampuannya mencetak gol, namun kemampuannya mengkoordinasikan pertahanan juga luar biasa. 

Komunikasi dengan para pembela HAM yang sangat efektif membuat pertahanan Indonesia semakin kuat. 

Hal itu terlihat dari konsistensinya tampil di babak kualifikasi dimana Indonesia mencatatkan banyak clean sheet berkat kontribusinya yang besar.

Keberhasilan Maarten Paes lolos ke Piala Dunia membuatnya semakin dikenal masyarakat Indonesia. 

Selain sukses mempertahankan gawang dari ancaman lawan, penyelamatan heroik Maarten kerap disorot.

Secara khusus, ia memblok tendangan berbahaya yang bisa mengubah jalannya pertandingan.

Kini, Maarten Paes menjadi salah satu pilar utama skuad asuhan Shin Tae-yong. 

Kualitasnya sebagai penjaga gawang antara lain reaksi cepat dan keberanian mengambil risiko di bawah gawang.

Hal tersebut menjadikan Maarten sebagai salah satu kunci sukses Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia.

Meski karir internasionalnya baru saja dimulai, namun kontribusi dan kemampuan Maarten Paes yang besar membuat ia diyakini bisa menjadi pemain penting di masa depan. 

Timnas Indonesia kini memiliki kiper kelas dunia yang siap membawa Garuda ke level tertinggi pentas sepak bola dunia. (tidak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top