LEMBARAN Kejar Target 2030, PAM JAYA Kebut Infrastruktur Perpipaan

Bandung, disinfecting2u.com (10/11/2024) – Kemajuan pembangunan jaringan pipa air bersih yang dilakukan Perusahaan Daerah Air Minam Jaya (PAM JAYA) sedang menuju pencapaian air bersih 100 persen untuk semua orang. Tinggal di Jakarta pada tahun 2030.

Kemajuan ini dimungkinkan melalui kombinasi penggunaan teknologi baru, manajemen operasional, dan kolaborasi. Demikian sambutan pada acara Media Gathering PAM JAYA 2024.

“Kami berkomitmen untuk memastikan masyarakat Jakarta memiliki akses terhadap air bersih yang berkualitas. Berbagai upaya prioritas seperti pendirian waduk umum; Pembangunan Penyediaan Air Minum (SPAM);”Juga memperbanyak jumlah Titik Air (IPA) di Buaran III, Silivung, Pesanggrahan dan banyak daerah lainnya saat ini sedang dilaksanakan untuk mencapai tujuan distribusi air yang lebih efisien dan berkelanjutan,” kata Arif Nasrudin, Dirjen PAM JAYA.

Dalam acara tersebut, PAM JAYA memaparkan sejumlah capaian strategis dan proyek prioritas tahun 2024 serta rencana ke depan hingga tahun 2030. Acara yang dihadiri seluruh panitia pengawas dan direksi memberikan gambaran mengenai upaya dan tantangan dalam menyikapi ketentuan tersebut air bersih di Jakarta.

Arief menambahkan, pembangunan kolam umum merupakan salah satu inovasi baru dan berhasil meraih juara pertama Jakarta Innovation Awards yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta pada 1 Oktober lalu dan mendapatkan penghargaan pada kategori Inovasi Pembangunan Bangsa. Di bidang perubahan produk dan layanan yang diselenggarakan oleh TvOne. 

Tujuan dari inovasi ini adalah untuk menciptakan solusi berkelanjutan terkait distribusi air bersih yang berkelanjutan, khususnya di wilayah bertekanan air rendah. Saat ini setidaknya ada enam kawasan di Jakarta yang sudah lama menjadi danau umum seperti Pluit, Silinsing, Duri Kosambi, Marunda Kepu, Taman Sari, Marunda.  Targetnya, pembangunan 13 danau bisa selesai pada akhir tahun 2024.

Sementara itu, terkait pengembangan SPAM, Direktur Pelayanan PAM JAYA Syahrul Hassan mengatakan, untuk memenuhi target 100 persen akses air bersih di Jakarta, perlu diselesaikan pekerjaan SPAM Jatiluhur dan SPAM Karian Serpong. Itu semua merupakan karya Pemerintah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Proses Pembangunan Spam Jatiluhur Tahap 1 sedang berjalan dan PAM JAYA sudah mendapat 20.231 sambungan baru. oleh PAM JAYA Kami targetkan 100 persen di tahun 2030, targetnya total ada 2 juta pipa komunikasi PAM JAYA,” kata Syahrul.

Pada tahun 2025, PAM JAYA berkomitmen memberikan pelayanan yang lebih baik dengan mendukung program pemerintah untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Jakarta. PAM JAYA juga terus meningkatkan kemampuan internal dengan berbagai program pelatihan dan pengembangan staf.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top