LEMBARAN NEWS Omongan Indra Sjafri Enam Tahun Lalu Soal Timnas Indonesia Sama Sekali Tak Meleset, Dulu Bilang Kalau Skuad Garuda Sudah Setara dengan Jepang, Kini…

disinfecting2u.com – Indra Sejafari, Pelatih Kepala Timnas U-19 Indonesia, beberapa waktu lalu mengatakan Tim Garuda akan segera menyamai level Jepang.

Meski dikritik usai komentarnya, komentar Indra Sejafari soal Timnas Indonesia kini sepertinya ada benarnya.

Timnas senior Indonesia yang dipimpin pelatih Shin Tae-yong ternyata tampil sangat menjanjikan di sejumlah turnamen internasional belakangan ini.

Belakangan ini, Timnas Indonesia nyaris mengalahkan Bahrain, kalau bukan karena gol penyeimbang di menit-menit akhir.

Tak hanya itu, sebelumnya pasukan Shin Tae-yung juga berhasil menarik dua negara terpopuler Piala Dunia yakni Arab Saudi dan Australia di dua laga awal.

Oleh karena itu, saat ini Timnas Indonesia belum terkalahkan dalam tiga laga terakhirnya bahkan menjadi tim Asia Tenggara dengan rekor terbaik pada periode tersebut.

Tentu saja prestasi ini mendapat dukungan dan pujian dari berbagai pihak. Pasalnya, timnas Indonesia awalnya hanya dianggap sebagai tim pemandu sorak.

Jika dilihat dari ranking FIFA, Timnas Indonesia menempati peringkat terbawah di antara peserta lainnya, yaitu di peringkat 129.

Timnas Indonesia masih terpaut jauh dari negara terdekat di rangking FIFA, yakni China, karena tim negeri tirai bambu itu berada di peringkat 87.

Tak heran, timnas Indonesia kemudian mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak yang menantikan penampilan sensasional dari tim asuhan Shin Tae-yung.

Berbeda dengan suporter, berbeda pula sikap yang ditunjukkan negara pesaing. Kini mereka tak mau memandang remeh timnas Indonesia dan menganggap Garuda sebagai pesaing serius.

Kumpulan fakta di atas mengingatkan kita pada perkataan pelatih Indra Sejafari beberapa tahun lalu.

Indra Sejafari mengatakan pada tahun 2018 ini timnas Indonesia berada di level Jepang bahkan bisa bersaing di kategori senior.

Saat itu, ia memimpin timnas Indonesia di Piala Asia U-19 2018, dimana ia tampil luar biasa di seluruh babak penyisihan grup. Pada akhirnya, mereka menghadapi Jepang di perempat final.

Jepang yang saat itu diperkuat Takefusa Kubo memupus harapan Indonesia dengan kemenangan 2-0 dan lolos ke Piala Dunia U20 2019.

Meski sempat terhenti oleh Jepang, Indra Sejafari menyebut timnya saat itu sudah setara dengan tim Samurai Biru.

Guys pasti kesal karena kegagalan ini bagi saya adalah hal yang lumrah. Namun para pemain datang ke lapangan dengan kepala tegak karena yakin levelnya tidak kalah dengan Jepang, kata Indra Sejafari di akhir.

Setelah ini, mungkin ada pengamat sepak bola yang mengatakan wajar jika kami kalah karena berada di level yang berbeda dengan Jepang. Indra Sejafari berkata seusai pertandingan: Saya tidak setuju, karena bagi saya level kita setara dengan Jepang.

Indra Sejafari bahkan sangat yakin pemain Indonesia U-19 nantinya bisa menjadi pilihan utama tim senior Merah Putih.

Konsistensi diperlukan untuk memperbaikinya. Namun saya yakin pemain tersebut akan menjadi pemain yang siap digunakan untuk timnas senior Indonesia, sambungnya enam tahun lalu.

Ucapan Indra Sajafari di Piala Asia U-19 2018 akhirnya terkonfirmasi enam tahun kemudian. Mereka kini menjadi andalan Shin Tae-yung di timnas senior Indonesia.

 

Pemain tim Indonesia U-19 2018 yang kini menjadi andalan Shin Tae-yung antara lain Witan Suleiman, Iggy Maulana Vickery, dan Snowy Mangkualam.

Sejak pelatih asal Korea Selatan itu menangani timnas senior Indonesia pada 2019, hampir tidak ada hal buruk yang terjadi di tim besutan Shin Tae-yung.

Tak hanya itu, Timnas Indonesia kini berpasangan dengan Jepang di kualifikasi Piala Dunia 2026 dan keduanya akan saling berhadapan pada bulan depan.

Timnas Indonesia juga punya statistik tak jauh berbeda dengan Jepang di kualifikasi Piala Dunia 2026, yakni tak pernah kalah di tiga laga awal.

Oleh karena itu, tidak berlebihan jika performa Timnas Indonesia saat ini bisa disamakan dengan Jepang, seperti yang dikatakan Indra Sejafari enam tahun lalu. (han)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top