NEWS LEMBARAN Investasi Migas RI Tembus Rp14,13 Triliun dalam Dua Tahun, SKK Migas Patok Target Peningkatan 100% di 2024

Jakarta, disinfecting2u.com – Tren investasi di sektor hulu minyak dan gas (migas) terus menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun 2021.

Menurut Panitia Khusus Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), peningkatan tersebut akan berdampak langsung pada peningkatan penemuan sumber minyak dan gas baru di Indonesia.

Wakil Presiden SKK Migas Shinta Damayanti menjelaskan investasi eksplorasi akan terus tumbuh mulai tahun 2021 dan seterusnya.

Investasi pada sektor eksplorasi meningkat sebesar 50% dari USD 600 juta atau sekitar Rp 9,42 triliun menjadi USD 900 juta atau sekitar Rp 14,13 triliun pada tahun 2023.

Shinta juga mengatakan, banyak penemuan baru di sektor migas dalam dua tahun terakhir.

Hasilnya, dalam dua tahun terakhir Indonesia berhasil menemukan dua sumber utama migas, Gen Utara dan Rayalan 1 pada tahun 2023, kata Shinta, Rabu (16 Oktober 2024). .

Shinta yang juga Tenaga Ahli di Dewan Pengawas Kementerian ESDM ini optimistis investasi pada tahun 2024 bisa meningkat 100% mencapai USD 1,8 miliar atau sekitar Rp 28,26 triliun.

Lebih lanjut ia menjelaskan, keberhasilan eksplorasi migas saat ini merupakan hasil upaya yang telah dimulai sejak enam tahun lalu, tepatnya pada tahun 2018.

Saat itu, SKK Migas memulai kegiatan bernama G&> day yang berlanjut hingga tahun 2021 dengan kegiatan seperti pendataan vintage, peningkatan kualitas data, pemodelan DAS, dan pemutakhiran wilayah prospek.

Upaya tersebut mulai membuahkan hasil dengan munculnya portofolio eksplorasi baru pada tahun 2022 dan penemuan besar pada tahun 2023.

Sementara itu, Vice President Keunggulan Teknologi Eksplorasi dan Koordinasi Pertamina Hulu Energy Ahmad Najhar Amal menegaskan strategi eksplorasi perusahaannya lebih fokus, berskala besar, dan agresif.

Fokus ini mencakup proyek lepas pantai seperti Sulawesi Tengah, kemitraan strategis dengan perusahaan minyak internasional (IOCs), dan menetapkan tujuan eksplorasi yang agresif, termasuk mempersiapkan sumber daya manusia, sistem, analisis data, dan teknologi.

Jelas bahwa peningkatan investasi di sektor minyak dan gas berperan besar dalam pencarian sumber energi baru di Indonesia.

Jika tren positif ini terus berlanjut, diharapkan eksplorasi migas akan terus berkembang dan berkontribusi signifikan terhadap ketahanan energi negara. (Ali/RPI)

Itu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top