NEWS LEMBARAN PB Akuatik Dukung Manajemen Talenta Nasional yang Dicanangkan KemenPPN/Bappenas Demi Pembinaan Olahraga Indonesia di Masa Depan

Jakarta, disinfecting2u.com – Departemen Perencanaan Pembangunan Nasional KemenPPN/Bappenas menyelenggarakan monitoring dan evaluasi bersama terhadap Grand Design Manajemen Bakat Nasional (DBMTN) Organisasi Olahraga Utama Akuatik Indonesia (IOCO).

Kerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) juga menjadi agenda Bappenas dan Olahraga Air Indonesia untuk mengetahui kesediaan peserta olahraga dalam memanfaatkan DBMTN di bidang olahraga.

Acara sendiri digelar di kantor PB Aquatics Indonesia di Wisma Bakrie I, Kuningan, Jakarta pada Jumat (4/10/2024) pagi WIB.

Kemudian, tujuan dari rencana ini juga untuk mengidentifikasi kebutuhan dan tantangan penting dalam pelaksanaan program pengembangan dan pelatihan olahraga di masa depan.

Tidak hanya itu, pemantauan ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi dan memantau permasalahan, hambatan dan tantangan dalam mencapai target pembangunan tahun 2023 dan 2024.

Ahli Madya Perencana Mahendra Arfan Azhar mewakili Direktur Keluarga, Perempuan, Anak, Pemuda dan Olahraga Departemen Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappena menjelaskan, MTN bertujuan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, senior, dan diakui secara global.

Untuk itu, pengelolaan dan pengembangan talenta nasional secara komprehensif, terkoordinasi, dan berkesinambungan melalui keberhasilan kebijakan di tiga sektor yaitu penelitian dan inovasi, seni budaya, dan olahraga diperlukan untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Khususnya di bidang olahraga, upaya ini sejalan dengan maksud dan tujuan yang tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Rencana Induk Olahraga Nasional.

Dalam konteks ini, arah kebijakan dan strategi intervensi MTN di bidang olahraga fokus pada peningkatan prestasi di 14 disiplin ilmu unggulan Olimpiade dan 5 Paralimpiade.

Prestasi dan keberhasilan dalam cabang olahraga unggulan tersebut akan dinilai 2 bulan setelah keikutsertaan dalam ajang olimpiade dan paralimpiade berdasarkan program promosi dan demosi sesuai dengan Peraturan Pemuda dan Olahraga Tahun 2023 Nomor 13 tentang Pendukung Pemusatan Latihan Nasional.

Selain itu, terdapat dua maksud dan tujuan pokok MTN bidang olahraga tahun 2045, penjelasannya sebagai berikut.

1. Meningkatkan prestasi olahraga Indonesia di tingkat dunia dengan target meraih peringkat kelima Olimpiade dan Paralimpiade.

2. meningkatkan jumlah dan kualitas sumber daya tenaga olahraga yang ditunjukkan dengan bertambahnya jumlah pelatih dan tenaga olahraga yang bersertifikat internasional serta bertambahnya jumlah atlet nasional berprestasi dan atlet muda kelas dunia di Olimpiade. dan Paralimpiade.

(igp/hfp) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top