NEWS Wah Kebiasaan Ucapkan Bismillah di Kamar Mandi Tolong Dipikir-pikir Lagi, Buya Yahya Ungkap Hukumnya dalam Islam Kalau…

Jakarta, disinfecting2u.com – Kebiasaan mengucapkan Bismillah saat memulai aktivitas dalam Islam merupakan hal yang penting dan sangat dianjurkan.  

Dalam praktiknya, kita sering lupa mengucapkan Bismillah dengan salah. Seperti halnya yang ingin mencuci, yang sering dilakukan adalah tidak menyediakan area khusus, melainkan menyatu dengan kamar mandi.

Timbul pertanyaan, bagaimana cara mengucapkan bismillah saat berwudhu di toilet atau kamar mandi?

 

Dokter. Tangkapan layar YouTube 

 

Seperti yang anda ketahui, kamar mandi atau toilet diperuntukkan untuk mandi dan juga untuk buang air kecil atau besar (WC).  

Hal tersebut juga diungkapkan Buya dalam ceramahnya di YouTube Al Bahjah Tv yang dikutip, Minggu (29/30/2024). Apa hukumnya membaca Bismillah saat mandi di kamar mandi? Menurut Buya Yahya, berhati-hatilah saat mengucapkan bismillah di kamar mandi karena melihat keadaan.

 

Soalnya mengucap Bismillah saat kita di toilet, kata Buja Yahya.

Buya Yahya menegaskan, haram mengucapkan segala hafalan, termasuk Bismillah, ketika keluar sesuatu, yakni buang air besar atau kecil.

“Yang haram adalah mengucapkan zikir (termasuk bismillah) ketika ada sesuatu yang keluar,” ujarnya.

Adapun mengucapkan bismillah di kamar mandi pada saat wudhu belum menghasilkan apa-apa (buang air besar atau kecil), hendaknya dihindari. 

Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengucapkan Bismillah di kamar mandi dengan suara senyap. 

“Sebelum dia keluar, dia ada di tempat itu (di kamar mandi) makruh,” jelas Buja Yahya.

“Mendorong dzikir dengan lidah itu makruh, hendaknya dia hanya berdzikir dengan hati,” imbuhnya.

Buja juga menjelaskan, ada yang berwudhu di kamar mandi yang bukan tempat buang air besar. Jadi menurut Buya Yahya, mengucapkan Bismillah secara lisan tetap sunnah.

“Tapi kalau di luar, ada tempatnya, maka tetap disunnahkan, apalagi di kamar mandi, bukan di tempat yang sibuk, jongkok,” ujarnya.

Dengan demikian, kata Buya, Anda bisa memilih tempat mencuci yang terpisah dari toilet. 

Ini adalah cara menunggu dan menjaga kebersihan dan kebebasan untuk membaca Bismillah atau doa-doa yang berhubungan dengan wudhu. 

 

“Tapi secara umum terpisah, kita tidak berpegang teguh lalu berwudhu. Artinya boleh dalam Bismillah dan kita peroleh Sunnah Bismillah,” tambah Buja Yahya. (Klw)

 

Waallahualaam   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top