NEWS Airlangga Hartarto Minta AIIB Bantu Proyek Infrastruktur di Selatan Jawa, Ada Kereta Cepat Hingga Giant Sea Wall

JAKARTA, disinfecting2u.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Erlanga Hartardo menghadirkan Asian Infrastructure and Investment Bank (AIIB) untuk memperluas operasinya di Indonesia. Airlangga Hartarto mengirimkan surat langsung kepada Presiden AIIB Jin Likun, berharap AIIB dapat memberikan pembiayaan dalam bentuk proyek infrastruktur di Indonesia.

Airlangga Hartarto adalah Bandung. Perpanjangan Kereta Cepat dari Yogyakarta ke Surabaya; Sejumlah proyek prioritas diusulkan untuk didukung AIIB, antara lain proyek tanggul laut raksasa di sepanjang pantai Jawa dan telekomunikasi di bagian selatan Pulau Jawa. Ini juga mencakup beberapa proyek konversi energi.

Airlangga Hartarto memberikan pesan khusus mengenai perkembangan wilayah Selatan Jawa, menjelaskan ada peluang bisnis baru di sana.

Selain itu, dengan perekonomian Indonesia yang terbesar di ASEAN dan pertumbuhan ekonomi yang kuat dan berkelanjutan, AIIB harus menjadi alasan yang kuat untuk memperluas operasi Indonesia dan meningkatkan dukungan terhadap proyek infrastruktur di Indonesia.

“Terhubung ke selatan Pulau Jawa menawarkan peluang ekonomi baru yang perlu mendapat perhatian,” kata Menko Erlanga di sela-sela KTT ASEAN 2024 di Vientiane, Laos (9/10/2024).

Menanggapi hal tersebut, AIIB menyatakan ketertarikannya terhadap pengembangan konektivitas Indonesia melalui pernyataan serupa.

Sektor digital dan kelistrikan berada di garis depan dalam hal ini. 

Erlanga mengatakan AIIB telah memainkan peran penting dalam pembiayaan proyek infrastruktur di wilayah tersebut. 

“Saat ini terdapat 14 proyek yang didanai AIIP di Indonesia, antara lain proyek jalan tol, perumahan jembatan, pembangkit listrik tenaga angin dan pengelolaan limbah, serta 7 proyek lagi yang masih menunggu pendanaan,” jelas Airlangga. (vsf)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top