NEWS PPI Gesing Segera Diresmikan, Diproyeksi Tampung 5.000 Ton Ikan Per Tahun

Yogyakarta, disinfecting2u.com – Pelabuhan Pendaratan Ikan atau PPI Gesing akan segera dibuka di Gunungkidul, Yogyakarta. PPI dengan kucuran dana khusus Rp 152,48 miliar ini diharapkan dapat menampung lebih dari 5.000 ton ikan setiap tahunnya. Dengan jumlah tersebut, perkiraan total nilai produksi PPI Gesing sebesar Rp 88,8 miliar per tahun dengan harga jual ikan rata-rata Rp 15 ribu per kilogram.

“Pelabuhan ini diharapkan mampu mendatangkan 5.000 ton ikan tangkapan setiap tahunnya. Ke depan, PPI akan melengkapi Pelabuhan Gesing Sadeng di Kapanewon (Kecamatan) Girisubo,” kata Koordinator Humas Pemda DIY Ditya Nanaryo Aji, Selasa (15). ). /10/2024).

Pembukaan PPI Gesing diketahui molor dari tujuan awal, karena muncul sumber air tawar dan batuan yang terkikis parah.

Secara fisik, PPI Gesing memiliki luas 54.445 meter persegi, terdiri dari tanah milik Pemerintah Daerah DIY seluas 46.445 meter persegi dan tanah milik Kesultanan Yogyakarta atau Sultan Ground (SG) seluas 8.000 meter persegi.

Ditya menjelaskan, di PPI Gesing terdapat kolam renang dan dermaga, jalan, laut, gedung TPI, toilet umum, pembangkit listrik, musala, gedung pengepakan ikan, pos jaga, gedung sampah, gedung penyimpanan bahan bakar, tempat parkir dan pekerjaan. pintu masuk.

Selama pembangunan Kolam Dermaga PPI Gesing, luas kolam yang dibangun adalah 1,36 hektar dengan kedalaman 3,5 meter dari kedalaman air laut terendah.

Menurut Ditya, kolam tersebut diperuntukkan bagi kapal motor tempel (PMT) dan kapal motor dengan berat maksimal 30 gros ton (GT).

“Kolam PPI Gesing akan mencakup 40 sekoci ukuran 10GT hingga 30GT serta perahu motor tempel 100 PMT,” kata Ditya.

Sedangkan lokasi pembangunan pelabuhan di Teluk Gesing, setelah memperhatikan beberapa keunggulan, salah satunya adalah letak teluk yang menghadap ke sisi tenggara Samudera Hindia, sehingga gelombang masuk tidak langsung masuk ke Samudera Hindia. teluk. Pantai. .

Di ujung teluk terdapat dua buah bukit yang berfungsi sebagai penahan gelombang alami, sehingga gelombang dan arus air laut yang datang ke pantai menjadi rendah karena pecah oleh proses pecahnya gelombang di ujung teluk.

Rencananya PPI Gesing akan diresmikan oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X. (vsf).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top