LEMBARAN Ketua Umum Kadin Indonesia Anindya Bakrie Bertemu PM Kanada Justin Trudeau saat Asean Summit di Vientiane, Laos

Jakarta, disinfecting2u.com – Ditunjuk sebagai ketua delegasi KTT Bisnis dan Investasi ASEAN, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Anindya Bakrie berkesempatan bertemu dengan banyak pemimpin dunia, termasuk Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau.

Pertemuan yang diawali dengan jabat tangan dan sapa antara Justin Trudeau dan Anindya Bakrie itu berlangsung pada Jumat (10/11/2024) di Vientiane, Laos. Kerja Sama Ekonomi Pasifik atau Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) Justin Trudeau mewakili Kanada mengunjungi Presiden Jenderal Kadin Indonesia Anindya Bakrie yang juga merupakan Ketua atau Ketua APEC BAC (APEC Business Advisory) . Dewan)).

Dalam kesempatan tersebut, Justin Trudeau menyampaikan komitmen Kanada untuk melanjutkan kerja sama ekonomi dengan Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden baru terpilih Prabowo Subianto yang akan dilantik pada tahun 2024. 20 Oktober

Anindya Bakrie dalam pertemuan singkat mengatakan keduanya akan melanjutkan diskusi lebih lanjut pada pertemuan Forum APEC di Lima, Peru pada tahun 2024. pada bulan November.

Meskipun Kanada bukan anggota ASEAN, Kanada telah bekerja sama dengan negara-negara ASEAN. Faktanya, Justin Trudeau kali ini menghadiri KTT ASEAN ketiga Perdana Menteri Kanada di Laos.

Enam prioritas

Anindya Bakrie mewakili Indonesia sebagai Ketua APEC Business Advisory Council (BAC) dan Ketua BAC ASEAN, sebelumnya menjabat sebagai keynote speaker pada acara tahun 2024 tersebut. Pada Landmark KTT Bisnis dan Investasi ASEAN (BIS). Mekong Riverside, Vientiane, Laos, Kamis (10/10/2024). 

“Mendag memberi tugas (saya) ke Laos mewakili Indonesia karena selain untuk kelancaran acara, juga sebagai cara (perjalanan) ke APEC Peru pada pertengahan November (10-16). November) hingga pertemuan G20 di Rio de Janeiro (18-19 November 2024).

Dalam pidatonya, beliau menyoroti enam prioritas ASEAN dalam menangani krisis multilateral yang ditujukan untuk pertumbuhan ekonomi ASEAN. Enam prioritas tersebut adalah transformasi digital untuk memberdayakan usaha mikro kecil dan menengah (UKM), pembangunan berkelanjutan melalui pemerataan akses energi bersih, dan ketahanan layanan kesehatan melalui penciptaan pasar kesehatan ASEAN yang terintegrasi.

Selain itu, Laos juga harus meningkatkan ketahanan pangan melalui pertanian berkelanjutan, memfasilitasi perdagangan dan investasi dengan mengurangi hambatan, dan meningkatkan konektivitas antar negara ASEAN, dengan Laos sebagai pusat regional yang penting bagi pertumbuhan ekonomi ASEAN.  

Anindya Bakrie menambahkan antara tahun 2010 hingga 2022 Perekonomian ASEAN mempertahankan pertumbuhan ekonomi tahunan rata-rata sebesar 4,4 persen, dengan Singapura dan Indonesia menerima arus masuk investasi asing langsung (FDI) terbesar.  

ASEAN yang terdepan

Dalam pemaparannya, Anindya Bakrie juga menjelaskan bahwa dalam rangka memperkuat peran ASEAN dalam perekonomian dunia, Indonesia mengambil inisiatif untuk mengambil kepemimpinan pertama yang disebut Kaukus ASEAN, yang diinisiasi pada pertemuan APEC BAC di San Francisco, Amerika Serikat. . , tahun lalu.

Menurut Anindya Bakrie, Indonesia bertujuan untuk mendorong kerja sama, mengintegrasikan kawasan, dan menyelaraskan strategi ekonomi ASEAN dengan tren dan tantangan global saat ini.  

Kaukus ASEAN berfokus pada tiga program utama untuk meningkatkan transaksi ekonomi antara ASEAN dan anggota APEC, yaitu rantai pasokan kendaraan listrik, pusat keunggulan karbon, dan pembayaran digital internasional.  (hsb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top