NEWS Anindya Bakrie Jabarkan 6 Prioritas ASEAN Hadapi Multi-Krisis Global di Business and Investment Summit 2024 Laos: Indonesia Jadi Pemimpin

Jakarta, disinfecting2u.com – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) 2024-2029, Anindya Bakrie menjadi keynote speaker pada ASEAN Business and Investment Forum (BIS) 2024 di Landmark Mekong Riverside, Vientiane, Laos pada Kamis (10/10/2024).

Dalam pidatonya, Anindya yang juga mewakili Indonesia sebagai Ketua APEC Business Advisory Council (BAC) dan Ketua BAC ASEAN, menguraikan enam inisiatif utama ASEAN untuk mengatasi tantangan globalisasi dan konsep pertumbuhan ekonomi ASEAN.

“Mendag (I) bilang berangkat ke Laos mewakili Indonesia karena pertemuannya tidak akan berjalan baik tapi akan ada jalan (menuju) APEC di Peru pada pertengahan November (10 -16 November).2024 ), hingga G20 di Rio De Janeiro (18-19 November 2024).

Enam prioritas tersebut adalah transformasi digital untuk memberdayakan UMKM (usaha kecil dan menengah), pembangunan berkelanjutan melalui akses langsung terhadap energi bersih, dan hidup sehat melalui infrastruktur pasar kesehatan ASEAN yang terintegrasi.

Selain itu, Laos juga berupaya memperkuat ketahanan pangan melalui pertanian rakyat, memfasilitasi perdagangan dan investasi dengan mengurangi hambatan, dan meningkatkan kerja sama antar negara di ASEAN dan posisi Laos sebagai pusat regional utama bagi pertumbuhan ekonomi ASEAN.  

Anindya Bakrie mengatakan, perekonomian negara-negara ASEAN rata-rata mempertahankan pertumbuhan ekonomi sebesar 4,4% selama periode 2010-2022, dengan Singapura dan Indonesia menerima aliran FDI (Foreign Direct Investment) terbesar.  

Dalam pemaparannya, Anindya menjelaskan bahwa untuk memperkuat peran ASEAN dalam perekonomian global, Indonesia mempunyai niat untuk mengambil kepemimpinan pertama Asosiasi yang dikenal dengan Kaukus ASEAN, yang diadakan pada pertemuan APEC BAC di San Francisco, Amerika, lalu. tahun dimulai.

Melalui KTT ASEAN, Indonesia berupaya untuk mendorong kerja sama, integrasi regional dan menyelaraskan strategi ekonomi ASEAN dengan tren dan tantangan global.  

Grup ASEAN fokus pada tiga proyek utama yang dirancang untuk meningkatkan pertukaran ekonomi antara ASEAN dan anggota APEC, yaitu rantai pasokan kendaraan listrik, pusat keunggulan karbon, dan pertukaran pembayaran digital.  

Bernardino Moningka Vega juga akan bergabung dengan Anindya di ASEAN BIS 2024 sebagai Wakil CEO Kadin Indonesia 2024 – 2029 Bidang Perdagangan Internasional, dan Wakil Ketua ASEAN BAC Indonesia.

Anindya dan Bernardino ditunjuk Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mewakili Indonesia di ASEAN BAC 2024 melalui surat nomor 588/M-DAG/SD/10/2024 dan ditandatangani Zulkifli Hasan pada 4 Oktober 2024. ( rpi) 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top