LEMBARAN Kementerian PUPR: Istana di IKN Bisa Jadi Contoh Gedung Perkantoran di Indonesia

Jakarta, tvoews.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan pembangunan Istana Negara dan Istana Garuda di Ibu Kota Kepulauan (IKN) merupakan hasil karya Anak Bangsa, Dirjen Cipta Karya. Diana Kusumastuti mengatakan pembangunan Istana Negara dan Istana Garuda diawali dengan proses pengembangan desain dan dilanjutkan dengan proses pelaksanaan. Ia mengatakan, semua proses itu adalah karya anak bangsa.

Istana Negara dan Istana Garuda adalah karya anak bangsa. Inilah satu-satunya istana di Indonesia yang bukan peninggalan kolonial Belanda. Desainnya sendiri dikerjakan oleh Nyoman Nuarta, desain furnitur dan interiornya diprakarsai oleh Pak Rudi Dodo, dan lanskapnya dirancang oleh Pak Yeye,” kata Diana, Senin (14/10/2024).

Selain itu, seluruh material yang digunakan dalam pembangunannya dikirim dari berbagai daerah di Indonesia.

“Semua bahan lokal kita datangkan, mulai dari tembaga untuk pintu dan lampu yang berasal dari Boyolali, kemudian kita juga mengaplikasikan stek dari seluruh Indonesia ke berbagai ruangan, seperti Ruang Kredensial yang digunakan untuk menerima tamu negara. .” Istana Negara mengusung tema gotong royong,” kata Diana.

Ia berharap seluruh proses pembangunan Istana Negara dan Istana Garuda yang menerapkan Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) seperti Green Building dan Smart Building, dapat menjadi contoh bagi pengembangan gedung lainnya di seluruh Indonesia. .

“Kami berharap Istana Negara senantiasa bermanfaat sebagai warisan yang dapat dikenang oleh anak cucu bangsa selamanya,” kata Diana.

Seluruh tahapan pembangunan Istana Negara akan selesai dalam waktu kurang lebih 23 bulan, yakni November 2022 hingga Oktober 2024.

Proses pembangunannya memakan waktu kurang lebih 23 bulan yang terbagi dalam 4 bulan tahapan perencanaan untuk penyelesaian konstruksi, arsitektur, mekanikal, elektrikal dan desain interior. Kemudian pembangunan dilanjutkan dengan kontraktor PT PP – PT. Wijaya Karya KSO.

Sebagai informasi, Istana Garuda di Ibu Kota Negara (IKN) RI diresmikan pada Jumat (10/11/2024) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).(nba)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top