LEMBARAN Chandra Asri Milik Prajogo Pangestu Akuisisi Shell Energy and Chemicals Park: Siap Guncang Industri Kimia?

Jakarta, disinfecting2u.com – PT Chandra Asri Pacific Tobacco (TPIA) mengambil langkah penting dengan mengakuisisi Shell Energy and Chemicals Park (SECP) di Singapura.

Akuisisi ini merupakan bagian dari Glencore Pvt

Akuisisi ini merupakan bagian dari rencana perusahaan yang lebih besar untuk memperluas operasinya tidak hanya di Indonesia tetapi juga di luar negeri.

Chandra Asri Group dan Glencore telah menandatangani perjanjian dengan Shell Singapore Pte. Ltd. untuk mengakuisisi seluruh kepemilikan di SECP.

Namun transaksi tersebut masih menunggu persetujuan regulator yang diharapkan selesai pada akhir tahun 2024.

Presiden dan CEO Chandra Asri Group Erwin Siputra dalam keterangan resmi mengatakan, setiap langkah yang diambil perusahaan bertujuan untuk mendukung Indonesia.

“Chandra Asri Group berkomitmen menjadi mitra pertumbuhan bagi Indonesia. Langkah strategis akuisisi aset SECP ini merupakan kontribusi kami terhadap pengembangan industri lokal dan pertumbuhan perekonomian Indonesia,” ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (5/10 ). ). / 2024).

Selain itu, akuisisi ini sejalan dengan strategi pertumbuhan Chandra Asri Group yang memperluas bisnis kami tidak hanya di Indonesia, tetapi juga luar negeri di sektor energi, kimia, dan infrastruktur. “

Erwin mengatakan pembelian tersebut dilakukan untuk mendukung ketahanan energi Indonesia dan memenuhi permintaan produk kimia yang terus meningkat.

Melalui SECP, Chandra Asri Group dapat memasok produk minyak bumi seperti bensin, bahan bakar jet, minyak gas, dan bitumen yang mendukung berbagai sektor di Indonesia.

Tidak hanya itu, Chandra Asri Group membantu mengatasi kekurangan pasokan bahan kimia seperti MEG, poliol, serta etilen, propilena, dan styrene monomer. 

Produk-produk ini penting bagi sektor manufaktur lokal dan mengurangi ketergantungan Indonesia pada outsourcing.

“Akuisisi ini akan memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia,” ujarnya.

Erwin mengatakan perluasan tersebut akan menciptakan lapangan kerja baru di dalam negeri. Sebuah perusahaan baru akan dibentuk untuk mengelola operasi SECP di Indonesia, yang akan meningkatkan efisiensi dan memperkuat rantai pasokan industri.

“Transaksi ini akan menyederhanakan operasional, meningkatkan efisiensi dan menciptakan lapangan kerja di berbagai sektor. Dengan fokus pada keunggulan operasional dan inovasi, perusahaan baru ini akan memperkuat value chain, berkontribusi terhadap pertumbuhan perekonomian Indonesia dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” kata Erwin.

Dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 4,5% pada tahun 2024 dan PDB ASEAN diperkirakan mencapai $4,5 triliun pada tahun 2030, peluang bisnis Indonesia di pasar ASEAN sangat besar. Ekspansi ini akan memperkuat posisi Chandra Asri Group di pasar global.

SECP dilengkapi dengan teknologi canggih dan dikelola oleh tenaga profesional berpengalaman. Kemitraan dengan Chandra Asri Group yang memiliki pengalaman manufaktur lebih dari 32 tahun akan memungkinkan terjadinya transfer pengetahuan dan teknologi antara kedua perusahaan.

Selain itu, kemitraan strategis dengan Glencore akan mendorong inovasi lebih lanjut dan memperkuat kehadiran global Chandra Asri Group.

Kemitraan ini akan membantu meningkatkan posisi Indonesia di industri global, dan menunjukkan kemampuan Indonesia untuk memimpin industri ini.

Akuisisi SECP oleh Chandra Asri Group menegaskan langkah strategis perseroan untuk mendukung industri dalam negeri dan memperluas jangkauannya ke pasar global. (Semut/RPI)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top