LEMBARAN Meski Panjang Ayatnya, Syekh Ali Jaber Sarankan Setiap Hari Jumat Selalu Baca Surah Al Kahfi: Jika Tak Sanggup, Cicil Sejak Pagi hingga Sore

JAKARTA, disinfecting2u.com – Syekh Ali Jaber mengingatkan, salah satu acara istimewa setiap hari Jumat adalah pembacaan Surat Kahfi.

Oleh karena itu, setiap umat Islam dianjurkan untuk terus membaca Surat Al-Kahfi meskipun ayatnya panjang, dan jika merasa berat dan tiba-tiba tidak dapat menyelesaikannya, Syekh Ali Al-Jabir menganjurkan untuk membaca Surat Al-Kahfi dalam beberapa bagian.

“Misalnya membaca beberapa ayat di pagi hari, beberapa ayat di sore hari, dan hingga malam hari,” saran Syekh Ali Jaber dalam sambutannya.

Nah, dengan adanya bagian-bagian tersebut diharapkan setiap umat Islam bisa membaca Surat Kahfi setiap hari Jumat.

Bukti membaca Surat Kahfi setiap hari Jumat tercatat dalam beberapa hadits. Ini mencakup hal-hal berikut:

أْ ْ ْأسِىسساااااٍ dan ةِأأةِأأأأأأأأأأللِِأأأأأأأأأللُِِ”

Makna: Menurut Abu Said al-Khudri, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa membaca Al-Quran pada hari Jumat, maka Allah akan memberinya cahaya di antara dua hari Jumat.

Hadits terkait Surat Kahfi ini diriwayatkan oleh Hakim al-Mustadrok II/399 No. 3392 dan al-Bayhaqi dalam Sunan III/249 No. 5792.

कंससिकिकिकिकिककककककककककककककककककककक ल -न िलललल किक ंलकंल्ट क्ट्स्तनललल स् فََِِ فِ artْفِ فََُ ِ ِ ِ ِ ِ ِ ِ ِ ِ ِ ِ ِ فِ فِ فِ فِ فِ فِ فِ فِ فِ فِ فِ فِ

Makna: Diriwayatkan dari Abu Darda radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa membaca sepuluh ayat pertama Surat Kahfi, niscaya dia akan terlindungi dari Dajjal (fitnah). Dikatakan: “(Sepuluh ayat terakhir) berasal dari Surat Kahfi”.

Hadits terkait Surat Kahfi ini diriwayatkan oleh Muslim I/555 no.809, Ahmed V/196 no.21760, Ibnu Hibban III/366 no.786, Al-Hakim II/399 no.3391 dan Diriwayatkan oleh Al-Bayhaqi Suda . ‘ abul-iman V/453 no.2344.

Abu Saeed al-Khudri radhiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa membacakan Al-Qur’an kepadanya pada hari kiamat”, semoga Allah menjadi senang bersamanya, lalu dia berkata: Maha Suci Allah dan puji bagi-Nya, Dia akan mengampuni kamu.

Makna: Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah (saw) bersabda: “Barangsiapa membaca Surat Wahyu Kahfi, Surat ini akan menjadi cahaya dari mana dia hidup. Hari Kiamat.Barangsiapa membacakan sepuluh ayat terakhir Surat Al-Kahfi lalu Dajjal muncul (datang), maka Dajjal tidak akan mencelakainya. (artinya: Ya Allah, Engkau suci dan aku membuktikannya dengan memuji Engkau bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau, aku berdoa memohon ampun, aku bertaubat kepadamu) lalu menulisnya di kertas putih bersih dan mencetaknya dengan alat cetak yang tidak akan sobek hingga hari kiamat.

Hadits yang berkaitan dengan surat al-Kahfi ini diriwayatkan oleh An-Nasa’i “Amal al-Yaumi wa al-Laylati” 81 dan 952 dan Al-Tabarani dalam “al-Mu’jam al-Awsat II/123” Dan diriwayatkan Al -Hakim I/752 no 2072 tahun 1455 beliau berkata; Hadits ini adalah hadits yang diwajibkan oleh para Imam Islam, namun tidak satu pun dari mereka (merujuk pada Imam Bukhari dan umat Islam) yang mengungkapkan hal ini (dalam Kitab Hadits mereka).

Tuhan memberkati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top