NEWS Kemenhan Genjot Pengembangan Food Estate di Papua

Papua Selatan, disinfecting2u.com – Kementerian Pertahanan (Kemenhan) mengumumkan akan serius mengembangkan sumber daya pangan di Papua. Baru-baru ini Kementerian Pertahanan mengunjungi kawasan pengembangan pangan di Desa Wanam, Kecamatan Ilwayab, Wilayah Merauke. , Papua Selatan.

Visitasi dilaksanakan pada Sabtu (12/10/2024) hingga Minggu (13/10/2024).

Wakil Menteri Pertahanan RI M. Herindra mengatakan, penelitian yang dilakukan di Papua adalah melihat lokasi persawahan dan mendistribusikan berbagai jenis benih tanaman kepada masyarakat setempat.

“Termasuk cabai, tomat, jagung, dan kangkung,” ujarnya, Minggu (13/10/2024).

Selain itu, kata dia, juga dilakukan penilaian terhadap kegiatan dan infrastruktur pendukung sistem aset pangan yaitu jembatan dan pelabuhan.

Sebelumnya, pada 16 April 2024, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman bersama pemerintah Provinsi Papua Selatan menanam padi seluas 500 ribu hektare untuk meningkatkan produksi pertanian di wilayah tersebut dan Indonesia pada umumnya.

“Dulu di sini kita tanam sawah 10 ribu hektar, sekarang hasilnya enam ton per hektar, jadi sukses. Dulu rencana kita kembangkan sejuta hektar, sekarang kita kembangkan 500 ribu hektar. ‘ untuk menjadi dana “makanan masa depan”.

Merauke merupakan salah satu wilayah di Papua Selatan yang memiliki lahan garapan seluas 1,2 juta hektar. Daerah ini menunjang kebutuhan pangan Papua. (vsf)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top